Kamis, 12 Januari 2023

Fakta Unik Tentang Burung Unta

 

Fakta Unik Tentang Burung Unta – Seperti kita ketahui bahwa burung unta adalah sejenis burung namun tidak bisa terbang seperti burung lainnya, namun burung unta dapat berlari dengan cepat. Burung unta termasuk juga dalam burung berkaki panjang yang berasal dari Afrika.


 

Selain bisa berlari dengan cepat, burung unta memiliki banyak fakta yang perlu diketahui :

 

Termasuk Burung Terbesar Di Dunia

Burung unta termasuk burung terbesar di dunia, dimana burung tersebut memiliki berat mencapai 320 kg. Dengan bobot yang besar burung ini di topang dengan kaki yang panjang dan kuat hingga memiliki tinggi hamper 2,5 meter.

 

Umur Hingga 40 Tahun

Dengan pertahanan hidup yang cukup mumpuni, burung unta dapat bertahan hidup hingga 40 tahun bahkan ada yang memiliki hidup sampai 70 tahun lamanya. Burung unta dikatakan juga dengan burung yang mampu bertarung dengan cheetah dimana cheetah di kenal dengan predator yang cukup mematikan tersebut.

 

Masa Reproduksi Cukup Ulama

Untuk masa reproduksi burung unta ini cukup lama, bahkan hingga sampai usia lanjut mereka akan terus bertelur ketika sudah waktunya memasuki kematangan seksual.

 

Ukuran Telur Yang Sangat Besar

Tentunya dengan ukuran burung yang sangat besar, telur yang dihasilkan berukuran besar berbeda dengan ukuran telur dari burung – burung lain. Dimana sebutir telur burung unta bisa mencapai 1,5 sampai 2 kg.

 

Memiliki Spesies Yang Beragam

Spesies burung unta cukup beragam, dan yang paling mudah dikenali adalah burung unta yang ada di Afrika Utara dan Selatan. Untuk spesies Afrika Selatan memiliki leher dan kaki berwarna kuning sedangkan untuk Afrika Utara memiliki warna ke abu – abuan.

 

Hewan Yang Cepat

Burung unta termasuk burung atau bahkan hewan berkaki dua paling cepat dimana dia bisa berlari secepat 50 km/jam. Dimana kakinya terdiri dari dua ruas jari dan cukup sangat kuat.

 

Fungsi Sayap Yang Unik

Walaupun burung unta bukan termasuk burung yang dapat terbang, namun burung unta juga memiliki sayap dimana sayap tersebut dapat di gunakan untuk keseimbangannya saat berlari.

 

Ukuran Bola Mata Dengan Otaknya

Ukuran bola mata dari burung unta lebih besar daripada ukuran otaknya, bahkan ukuran bola mata burung unta setara dengan bola bilyar.

 

 

Sumber : https://www.idntimes.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar