Senin, 16 Januari 2023

Fakta Memukau Tentang Sungai Nil

 

Fakta Memukau Tentang Sungai Nil – Sungai Nil adalah sumber kehidupan air bagi dua Negara di Afrika yaitu antara Mesir dan Sudan. Sumber dari sungai Nil sendiri berasal dari danau terbesar di Afrika yaitu danau Victoria.

 


Ternyata sungai Nil memiliki fakta yang memukau untuk kita ketahui

 

Merupakan Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai yang memiliki panjang 6.650 kilometer ini mengalir dari danau Victoria dan bermuara ke Laut Mediterania yang sebelumnya melalui gurun Sahara. Sungai Nil melewati sejumlah 11 negara antara lain Uganda, Rwanda, Tanzania, Burundi, Kenya, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, Mesir dan Republik Demokratik Kongo. Sebenarnya untuk masalah sungai terpanjang di dunia masih sedikit ada perdebatan pendapat ada yang mengatakan kalau sungai Amazon yang menjadi sungai terpanjang di dunia, tapi secara umum sungai Nil masih menjadi sungai terpanjang di dunia.

 

Pencarian Sumber Yang Rumit

Ekspedisi yang dilakukan oleh orang – orang Mesir, Yunani dan Romawi sangat rumit hingga selalu menemui kegagalan di wilayah sudd yang sekarang menjadi Sudan Selatan. Ekspedisi Mesir kuno mungkin menemukan sumber Sungai Nil biru dimana sumbernya berasal dari Ethiopia. Namun untuk sungai Nil putih justru juga sangat lebih rumit, dimana penjelajah yang bernama David Livingston yang berasal dari Skotlandia menemukan Danau Victoria. Namun itu bukan akhir dari penjelajahan ternyata sebelum danau Victoria terdapat sungai Kagera yang mengalir ke danau tersebut yang sebelumnya melewati danau Rweru di Burundi. Namun selain itu juga mengalir dari sungai Ruvubu dan Nyabarongo yang kemudian ke danau Rweru. Sungai Nyabarongo juga dialiri oleh sungai Mbirurume dan Mwogo dimana muncul dari hutan Nyungwe Rwanda. Hingga banyak orang yang menyebutkan bahwa sumber Sungai Nil tersebut.

 

Memiliki Lebih Dari Satu Sungai Nil

Sungai Nil bawah selalu banjir, padahal waktu musim panas sehingga membuat orang – orang Mesir kuno kebingungan dan bahkan disana hampir tidak pernah hujan. Dari sini kita ketahui bahwa Sungai Nil memiliki banyak sumber. Dan membuat sungai Nil memiliki tiga sungai utama yaitu Nil Putih, Biru dan Athara. Dimana Nil Putih yang terpanjang yang bersumber dari Danau Victoria. Bahkan Nil putih selalu mengalir sepanjang tahun sedangkan Nil biru menyesuaikan musim seiring dengan Athara dimana letak mereka berdua berdekatan sumber dari kedua Nil tersebut berasal dari Ethiopia yang tentunya volume air sesuai pola musim daerah tersebut.

 

Sumber Kehidupan Bagi Warga Sekitar

Sungai tentunya memilki peran penting yaitu sebagai sumber kehidupan orang – orang sekitar Nil. Dimana sungai Nil menjadikan tepian gurun Sahara menjadi hijau, dimana kita ketahui bahwa gurun Sahara merupakan gurun paling panas terbear di dunia. Tidak hanya air yang di alirkan namun lumpur yang dibawa dari sumber sungai Nil dapat menjadikan tanaman subur

 

Memutar Di Gurun Sahara

Setelah mengarah ke utara sungai Nil akan berbelok di tengah Sahara dengan anak – anak sungai utamanya yang kemudian akhirnya menyatu dan terus mengarah ke utara melalui Sudan sementara hingga akhirnya berbelok ke barat daya dan mulai mengalir menjauh dari laut. Dan terus terjadi sepanjang 300 km mengarah ke Afrika Tengah dan bukan ke Mesir akhirnya kembali ke jalurnya melintasi Mesir.

Memenuhi Kebutuhan Kehidupan Satwa Liar

Bukan hanya manusia saja yang di untungkan dengan aliran sungai Nil, namun juga satwa liar yang ada di sekitaran sungai tersebut juga dapat hidup juga dengan air tersebut. Nil putih terdapat hutan hujan tropis yang meliputi pohon pisang, kopi, bambu, kayu hitam dan lain sebagainya. Sungai Nil juga memiliki tanaman khas yaitu Papirtus dimana masyarakat Mesir menggunakannya untuk membuat kertas, tikar, tali dan bahan anyaman lainya. Papirtus sendiri adalah alang – alang tinggi di air dangkal yang memilki bunga. Begitu juga dengan satwa yang hidup di dalam sungai Nil antara lain ikan lele, belut, ikan moncong gajah, nila tigerfish dan lungfish. Selain itu seperti kuda nil, kobra, ular air, penyu bercangkang lunak serta mamba hitam dan bahkan ada tiga species biawak yang memiliki panjang sekitar 1,8 meter serta buaya juga terdapat di sungai tersebut.

 

Itulah beberapa fakta yang ada di Sungai Nil, dan mungkin masih banyak lagi fakta Sungai Nil lainnya.

 

 

Sumber : https://www.viva.co.id/

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar