Senin, 16 Januari 2023

Fakta Mengejutkan Tentang Sungai Kapuas

 

Fakta Mengejutkan Tentang Sungai Kapuas – Sungai terpanjang di Indonesia di berikan kepada Sungai Kapuas, yang ada di wilayah Kalimantan Barat yang mengalir dari pegunungan Muller hingga Selat Karimata ini memiliki panjang 1.143 km. Sungai tersebut ternyata juga menjadi destinasi wisata oleh para wisatawan untuk berlibur saat ke Pontianak.

 


Namun tentunya kita ingin mengetahui fakta – fakta mengejutkan apa yang ada di sungai Kapuas ini

 

Asal Nama Kapuas

Kapuas sendiri di ambil dari nama lokasi sekitar sungai yang bernama Kabupaten Kapuas Hulu. Sungai Kapuas juga memilki nama lain yaitu Sungai Kapuas Hulu atau Sungai Batang Lawai. Lawai sendiri berasal dari nama daerah juga yaitu Kabupaten Melawai, sedangkan anak sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawai hingga Muara di sebut dengan Sungai Batang Lawai. Sedangkan Batang sendiri diambil dari bahasa Ibrani yang berarti air, ibrani sendiri termasuk bahasa dari masyarakat bagian barat pulau Borneo.

 

Cerita Legenda

Sungai Kapuas juga memiliki legenda atau cerita masyarakat yang beredar, dimna pada zaman dahulu kala ada sebuah kerajaan yang bernama Kahayan Hilir. Kerajaan tersebut aman damai serta sejahtera karena memiliki Raja yang adil dan bijaksana. Suatu hari Raja ingin menentukan penerus dari kerajaan tersebut, sedangkan dia memilki dua anak yang bernama Naga dan Buaya yang memilki sifat yang berbeda. Hingga suatu hari Raja memutuskan untuk pergi dari istana untuk memutuskan hal tersebut, dan urusan kerajaan di berikan oleh kedua putranya tersebut. Namun Naga malah menyalahgunakan kekuasaan tersebut hingga di tegur oleh Buaya hingga mereka akhirnya bertengkar. Mendengar kedua putranya bertengkar, Raja akhirnya marah dan mengutuk keduanya menjadi binatang sesuai dengan namanya. Kemudian keduanya pergi dari istana dan menetap di sungai Kapuas, dan masyarakat masih meyakini legenda tersebut dan mereka berdua dianggap sebagi penghuni sungai Kapuas.

 

Memisahkan Kota Pontianak

Sungai Kapuas ternyata memisahkan wilayah Kota Pontianak, yaitu di bagian Kecamatan Timur dan Utara. Dan keduanya berada di sisi yang berbeda dengan Kota Pontianak. Dan jika mereka ingin ke satu sisi lainnya harus melewati jembatan sebagai penghubung antar keduanya. Sungai Kapuas juga melewati empat Kabupaten di Kalimantan, yaitu Kabupaten Sintang, Sanggau, Sekadu dan Kabupaten Karimata. Sungai Kapuas memilki lebar antara 70 sampai 150 meter dan sungai Kapuas ini tidak pernah kering walaupun musim kemarau hingga sungai Kapuas juga sering disebut dengan Sungai Permanen.

 

Tempat Tinggal 700 Jenis Ikan

Sungai Kapuas termasuk juga tempat tinggal atau habitat dari 700 jenis ikan air tawar diantaranya ada 14 species yang hanya ada di sungai Kapuas dan tergolong dalam jenis ikan langka dan untuk 40 species lainnya yang terancam punah. Maka dari itu, pemerintah dan warga lokal di harapkan untuk menjaga kelestariannya dengan cara tidak membuang sampah pada sungai tersebut dan sebagainya.

 

Dimanfaatkan Oleh Masyarakat

Sungai Kapuas memilki sumber kekayaan ikan yang sangat banyak sehingga sungai Kapuas dijadikan sebagai sumber kehidupan untuk mancing ikan dan kemudian di jual atau di konsumsi sendiri. Selain itu juga untuk transportasi dari hulu ke hilir, karena memang menggunakan transportasi air jauh lebih hemat dan lebih banyak barang yang di bawa. Bahkan juga bisa di gunakan untuk wisata air bagi para wisatawan.

 

Sungai Kapuas Pada Zaman Dahulu

Pada zaman dahulu sungai Kapuas digunakan untuk transportasi air di Kalimantan Barat, bahkan pada zaman Belanda merupakan tempat strategis untuk dikuasai. Dam juga menjadi tempat bertransaksi barang dagang hingga pengiriman persediaan menuju Kalimantan Barat. Selain itu Sungai Kapuas juga dahulu menjadi jalur mobilisasi pasukan Indonesia menggunakan prahu motor mereka di arahkan dari Pontianak menuju perbatasan.

 

Sungai Kapuas Di Daerah Lain

Selain yang ada di Kalimantan Barat, ternyata sungai Kapuas juga ada di daerah Kalimantan tengah dengan panjang 610 km.

 

Mempunyai Jembatan

Untuk menghubungkan antara kedua kecamatan yang ada di atas sungai Kapuas terdapat jembatan dengan panjang 420 meter yang memilki lebar 6 meter, dimana jembatan tersebut di bangun pada tahun 1980.

 

 

Sumber : https://www.traveloka.com/

   

                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar