Sabtu, 21 Januari 2023

Fakta Tentang Menara Kembar Petronas

 

Fakta Tentang Menara Kembar Petronas - Pasti pernah melihat menara kembar yang ada di Negara Malaysia ini, tentunya ini membuat kita kagum dengan ketinggian dan kemegahan yang di tampilkan dari gedung ini. Tidak lengkap rasanya jika saat kita berkunjung ke Negara Malaysia tidak berfoto dengan menara kembar Petronas tersebut. Menara kembar tersebut sudah terkenal bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Malaysia. Sebenarnya banyak sekali destinasi wisata yang wajib di kunjungi jika kita pergi ke Malaysia. Namun tentunya salah satunya memang menara Petronas yang wajib di kunjungi.

 


Bangunan menara Petronas ini juga memilki fakta yang menarik antara lain :

 

Pernah Menjadi Gedung Paling Tinggi Di Dunia

Menara Kembar Petronas yang menarik perhatian para wisatawan lokal dan wisatawan dari berbagai negara ini ternyata tidak hanya dikenal akan kemegahannya, namun juga pernah menyandang predikat sebagai gedung paling tinggi di dunia. Hal ini diberikan pada Menara Petronas tersebut selama tahun 1998 sampai 2004. Namun sayangnya gelar itu pun terpaksa harus rela dilepaskan oleh Menara Kembar Petronas setelah berdirinya Taipei 101 di Taiwan. Walaupun begitu, menara kembar Petronas juga tetap menjadi salah satu gedung tinggi di dunia.

 

Jumlah Jendela

Dengan gedung yang memiliki tinggi 452 meter ini tentunya memilki jumlah jendela yang tidak sedikit yaitu 32.000 jendela. Dengan jumlah gedung 88 dan memilki 40 lift serta 20 eskalator didalamnya.

 

Pernah Di Panjat

Menara Petronas memang pernah dipanjat oleh seorang laki – laki yang berasal dari Negara Prancis pada tahun 1997. Bahkan orang ini memanjat Menara Petronas dengan tangan kosong hingga dia disebut sebagai Spiderman. Untungnya orang tersebut berhasil memanjat sampai lantai 60 sebelum akhirnya polisi berhasil menangkapnya. Tidak selesai sampai di situ saja, orang ini kembali melakukan aksi pada 10 tahun kemudian dengan memanjat kembali. Namun yang mengejutkan adalah dia mencapai hasil yang sama dimana dia mencapai lantai 60.

 

Menjadi Jembatan Penghubung Tertinggi No Dua Di Dunia

Menara Kembar Petronas tentunya memiliki dua gedung yang sama, dimana kedua bangunan ini pun terhubung dengan jembatan yang biasa disebut dengan skybridge. Jembatan penghubung yang terletak di lantai 41 dan 42 ini memiliki ketinggian 170 meter di atas permukaan tanah. Yang membuat hal tersebut berarti jembatan ini menggantung sempurna di udara dan membentang hingga mencapai panjang 60 meter.

 

Memiliki Kontraktor Yang Berbeda

Walaupun dalam satu menara, ternyata menara kembar ini memilki kontraktor yang berbeda – beda di masing – masing gedung. Gedung pertama dirancang dan dibangun oleh konsorsium asal Jepang, sedangkan untuk gedung yang kedua oleh konsorsium asal Korea Selatan. Walaupun dibangun oleh kontraktor yang beda, namun tetap kemegahan dari gedung ini tetap membuat bagi para wisatawan kagum.

 

 

Sumber : https://www.idntimes.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar