Minggu, 15 Januari 2023

Kenalan Dengan Ular Pucuk

 

Kenalan Dengan Ular Pucuk – Ular pucuk bagi masyarakat tentu sudah bukan hal yang aneh lagi, karena ular jenis ini sering muncul di pemukiman warga. Namun sebenarnya ular pucuk ini cukup berbisa namun tidak berbahaya.

 


Ular pucuk yang sering kita lihat biasanya ular pucuk spesies ular gadung. Disebut ular gadung karena sering muncul di pohon gadung. Ular ini memiliki warna hijau dengan garis tipis yang berwarna kuning dan memiliki ukuran yang cukup kecil serta memiliki moncong yang lancip dan panjang yang bisa mencapai 1 sampai 2 meter. Walaupun wananya hijau, namun waktu lahir warna rubuh ular ini bervariasi dari coklat, kuning hingga hijau.

 

Habitat Ular Pucuk

Untuk habitat dari ular pucuk ini bisa dimana saja, bisa di hutan, pegunungan, sawah hingga pohon – pohon pinggir jalan dan tak jarang juga muncul di pekarangan rumah warga. Penyebaran ular pucuk ini cukup lar di seluruh Asia, banyak di temukan di India, China dan Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, Laos, Vietnam dan Filipina. Aktivitas dari ular pucuk ini biasanya mereka akan keluar di siang hari.

 

Berkembangbiak Secara Ovovivipar

Ular pucuk ini berkembang biar secara ovovivipar diamana mereka bertelur dan menetaskan telurnya di dalam dan kemudian mengeluarkan anak – anaknya tersebut. Anak – anaknya tersebut memiliki panjang 20 centimeter dan biasanya sebanyak 9 ekor.

 

Sumber : https://www.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar