Rabu, 25 Januari 2023

Tentang Nol Km Yogyakarta

 

Tentang Nol Km Yogyakarta -  Jika kita menganggap nol km Yogyakarta itu di Tugu Pal Putih adalah salah besar, yang sebenarnya adalah letak titik nol kilometer Yogyakarta berada di lintasan, antara Alun-alun Utara hingga Ngejaman di ujung Selatan Malioboro. Sebuah papan peringatan resmi di depan bekas bangunan Senisono menjadi petunjuk di mana tepatnya Titik Nol Kilometer Yogyakarta berada. Titik itu berada di sekitar perempatan jalan yang ada di depannya. Bahkan pada akhir tahun 70-an lalu hingga awal tahun 80-an, di tengah perempatan tersebut sempat masih ada air mancur kota. Diperkirakan, letak titik nol kilometer berada di lokasi air mancur ini.

              


   

Kawasan di sekitar titik nol kilometer ini merupakan kawasan wisata yang bersejarah. Di kiri-kanan, ada bangunan-bangunan kuno yang sering juga disebut loji. Yaitu, bangunan-bangunan tua yang besar peninggalan masa penjajahan Belanda. Kawasan ini tentu saja juga menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat Yogyakarta, dimana memiliki letak yang strategis. Sebut saja Kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, kawasan Jalan Kyai Ahmad Dahlan, serta kawasan Jalan Wijilan yang selalu dipadati wisatawan local maupun asing. Pada malam hari, sepanjang trotoar sekitar perempatan Jalan Jendral Ahmad Yani dan Jalan KH Ahmad Dahlan menjadi tempat nongkrong menghabiskan malam. Banyak komunitas juga berkumpul untuk mencari inspirasi dan menyalurkan bakat dengan berekspresi.

 

Di area Monumen Serangan Umum Satu Maret yang mana memiliki letak yang dekat dengan nol km Yogyakarta tersebut, masyarakat memanfaatkan public area tersebut dipakai untuk konser musik, teater dan sebagainya.

 

Selain itu di sisi – sisi dari nol km Yogyakarta ini banyak bangunan – bangunan bersejarah lsainnya.

 

LOKASI:

Perempatan Titik Nol Kilometer Yogyakarta ada di pusat Kota Yogyakarta. Yaitu, pertemuan Jalan A. Dahlan, Jalan Senopati, Jalan A. Yani dan, jalan menuju Alun-alun Utara.

Hampir semua jalur kendaraan angkutan umum bus, transjogja, banyak yang melewati tempat ini. Tempat ini bisa dijangkau dengan taxi, andong, becak, dan kendaraan pribadi.

 

POTENSI:

Kawasan Titik Nol Kilometer sering difungsikan sebagai area berkumpul dan penyelenggaraan event budaya atau even lainnya. Di antaranya, FKY dan Komunitas hobi. Ada berapa daya tarik di sekitar Titik Nol Jogja antara lain :

 

Museum Benteng Vredeburg

Taman Budaya Yogyakarta (TBY)

Taman Pintar

Gedung Agung

Gedung Senisono

Gebung BNI

Gedung Bank Indonesia (BI)

Kantor Pos Besar

Museum Sonobudoyo

Pasar Beringharjo

Pecinan Ketandan

Jalan Malioboro

Jogja Gallery

Alun-Alun Utara dan Keraton Yogyakarta

Monumen SO 1 Maret

Jam kota/stadtklok dan Gaug (sirine kuno)

Pasar Buku Shooping

 

Itulah titik nol km Yogyakarta, dimana kita sekarang lebih tahu dimana nol km Yogyakarta sebenarnya.

 

Sumber : https://jbbudaya.jogjabelajar.org/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar